Berdoa mengangkat kedua tangan

mengapa anda mengangkat tangan ketika berdoa dan di lanjutkan dengan mengusapkan tangan pada muka setelah selesai berdoa nya ? mungkin bagi kalian yang tidak tau hanya ikut-ikut saja, saat melihat orang lain mengangkat tangan nya saat berdoa maka anda pun melakukan yang demikian. sekarang mari kita bahas sedikit mengenai mengangkat ke dua tangan dan mengusapkan nya pada wajah setelah berdoa.

berdoa-mengangkat-kedua-tangan


ternyata mengangkat kedua tangan dan mengusapkan nya pada wajah saat selesai berdoa adalah salah satu sunnah nabi, sebagaimana termaktub dalam salah satu haditsnya yang diceritakan oleh Ibn Abbas yang artinya : "Apabila engkau memohon kepada Allah, maka bermohonlah dengan bagian dalam kedua telapak tanganmu, dan jangan dengan bagian luarnya. Dan ketika kamu telah usai, maka usaplah mukamu dengan keduanya." 

Tak hanya itu bahkan merek juga menganjurkan semakin penting permohonan nya maka akan semakin tinggi dia mengangkat kedua tangan nya. Adapun ukuran mengangkat tangan adalah setinggi kedua belah bahu. 

Syaikh Muhammad bin Sulaiman al-Kurdy dalam Al-Hawasyil Madaniyyah  memberikan penjelasan yang sangat singkat mengenai hal ini : " Batas maksimal mengangkat tangan adalah setinggi kedua bahu, kecuali apabila keadaan sudah amat kritis, maka ketika itu bolehlah melewati tinggi kedua bahu."

demikian lah, mari kita selalu menghidupkan sunnah nabi, bahkan hidup lah kita dengan sunnah nabi.