Keindahan Tutur Kata Nabi Muhammad

kali ini akan membahas Keindahan Tutur Kata Nabi, kita tentunya sudah mengetahui beberapa sifat rasulullah. bagaimana sifat dan cara beliau jika berbicara. mari kita lihat pernyataan dari Aisyah :

Rasulullah tidak pernah berbicara terlalu cepat seperti bagaimana yang kalian lakukan ini, akan tetapi Rasulullah berbicara dengan jelas, pelan, sehingga orang yang duduk bersama beliau bisa menghafal perkataan beliau.

Keindahan Tutur Kata Nabi Muhammad

Tutur kata Nabi Muhammad sangat lemah lembut, mengapa demikian, itu karena beliau ingin perkataan beliau di pahami dengan benar, dan karena sayang nya rasulullah pada ummat nya beliau selalu memperhatikan keadaan orang yang di ajak bicara, berbicara sesuai dengan daya nalar dan daya tangkap mereka, sehingga beliau adalah orang yang sangat penyayang dan penyabar. 

perhatikan bagaimana kelembutan dan sikap lapang dada rasulullah, bahkan terkadang beliau mengulang perkatannya agar lebih bisa di pahami. Anas bin malik berkata :

Nabi Muhammad terkadang mengulang satu kalimat sampai tiga kali agar lebih di pahami. (HR al-bukhari)

Nabi Muhammad bersikap lemah lembut dan tenang dalam berbicara sehingga terkadang orang lain malah merasa takut dan segan kepada beliau. Ibnu mas'ud menceritakan :

seorang laki-laki datang kepada nabi muhammad namun laki-laki itu terlihat takut, maka nabi bertanya kepada nya "tenanglah, karena aku ini bukan seorang raja, aku hanya anak dari seorang wanita yang juga makan daging kering (dendeng))." (HR ibnu majah) 

begitulah tutur kata nabi muhammad jika berbicara, lain kali kita akan bahas lebih banyak lagi keindahan-keindahan yang terdapat pada rasulullah. cukup sekian dari saya, saya mengajak (Sobat Aswaja) para pecinta Rasulullah untuk mengenal lebih dalam lagi siapa sih sosok Rasulullah sebenar nya. agar kita kelak dapat syafaat dari beliau.